• Kajian Ihya 'Ulumiddin
  • Download Kitab Klasik
  • Lirik & Download Lagu Hadrah Albanjari
  • Kajian Kitab Nashoihul 'Ibad

An Najmul Wahhaj


Kitab ini oleh penulisnya diberi nama “An-Najmu Al-Wahhaj” (النجم الوهاج). Lafaz “Najm” bermakna bintang. Lafaz “al-wahhaj” bermakna menyala-nyala atau berkilauan. Jadi secara harfiah makna “An-Najmu Al-Wahhaj” adalah bintang yang berkilauan. Dengan judul ini seakan-akan pengarang ingin memberi pesan kepada pembacanya agar tidak meremehkan kandungan ilmu yang ada di dalamnya. Untaian ilmu yang disusun dalam kitab ini adalah ilmu yang berharga, indah, menerangi dan menyenangkan bagaikan bintang yang berkilauan.

“An-Najmu Al-Wahhaj” adalah kitab fikih bermazhab Asy-Syafi’i yang merupakan syarah dari “Minhaj Ath-Tholibin” karya An-Nawawi. Kitab ini bisa digolongkan ke dalam kelompok syarah panjang (muthowwal), bukan syarah singkat seperti kitab “Kanzu Ar-Roghibin” karya Jalaluddin Al-Mahalli atau syarah pertengahan (mustawasith) seperti kitab “Nihayatu Al-Muhtaj” karya Ar-Romli.
Pengarangnya bernama Ad-Damiri (الدميري). Nama lengkap beliau Kamaluddin Abu Al-Baqo’ Muhammad bin Musa bin ‘Isa Ad-Damiri. Laqob Damiri di ambil dari nama kota yang bernama Ad-Damiroh di Mesir di dekat kota Dimyath. Dalam bahasa Romawi, kota Ad-Damiroh ini disebut Rasdionisi. Dalam bahasa Mesir Koptik disebut Tamiri. Beliau terkenal bukan hanya dalam ilmu fikih mazhab Asy-Syafi’i tetapi juga dalam ilmu biologi. Salah satu karya terkenal beliau dalam biologi adalah kitab yang bernama “Hayatu Al-Hayawan Al-Kubro”. Kebetulan saya pernah membuat catatan khusus terkait perkembangan biologi dalam sejarah peradaban Islam yang menyinggung Ad-Damiri dan kitabnya ini dalam artikel berjudul “Perkembangan Biologi dalam Warisan Peradaban Islam”.







Judul Kitab : An Najmul Wahhaj
Penulis : ad Damiri
Penerbit : Darul Minhaj
Jumlah File : 11
Bentuk File : pdf/zip
Download : Klik Disini




Catatan : * jika file terdiri dari beberapa jilid maka kami menyimpannya dalam bentuk ZIP/RAR.



Judul: An Najmul Wahhaj; Ditulis oleh pokkrembung; Rating Blog: 5 dari 5
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

-------Berbagi Itu Indah------


No comments:

Post a Comment