• Kajian Ihya 'Ulumiddin
  • Download Kitab Klasik
  • Lirik & Download Lagu Hadrah Albanjari
  • Kajian Kitab Nashoihul 'Ibad

Minhajut Thullab


Kitab ini tergolong mukhtashor fikih dalam mazhab Asy-Syafi’i. Lebih jelasnya lagi, kitab ini adalah ringkasan/mukhtashor dari kitab mukhtashor An-Nawawi yang bernama “Minhaj Ath-Tholibin”. Jadi kitab “Manhaj Ath-Thullab” bisa dikatakan sebagai mukhtashor dari mukhtashor. Hanya saja Zakariyya Al-Anshori bukan semata-mata meringkas, tetapi juga menambahi beberapa hal, mengganti pendapat yang tidak mu’tamad dengan pendapat mu’tamad, dan membuang pembahasan ikhtilaf. Dari sisi nama, antara sumber yang diringkas dengan hasil ringkasannya sebenarnya semakna. Maksudnya, nama “Manhaj Ath-Thullab” sebenarnya semakna dengan “Minhaj Ath-Tholibin” karena lafaz “manhaj” semakna dengan “minhaj” sebagaimana lafaz “thullab” semakna dengan “tholibin”.

Pengarangnya bernama Zakariyya Al-Anshori, sang Syaikhul Islam yang tersohor di kalangan Asy-Syafi’iyyah. Nama lengkap beliau Abu Yahya Zakariyya bin Muhammad bin Ahmad Al-Anshori. Lahirnya tahun 823 H. Moyangnya ada hubungan dengan penduduk Madinah, sehingga beliau berjuluk Al-Anshori. Keilmuannya sangat luas sehingga beliau digelari Syaikhul Islam. Saat Ibnu Hajar Al-Haitami membuat kitab yang menghimpun biografi guru-gurunya, beliau menulis Zakariyya Al-Anshori dalam urutan pertama karena bagi Al-Haitami, Zakariyya Al-Anshori-lah guru terhebatnya. Usianya lebih dari 100 tahun. Usia yang panjang yang penuh berkah. (Saya pernah membuat tiga catatan terkait Zakariyya Al-Anshori, yaitu, “Memahami Gelar Syaikhul Islam”, “Mengapa Zakariyya Al-Anshori “Kalah Pamor” Dengan Murid-Muridnya?”, Dan “Urutan “Kekuatan” Kitab-Kitab Zakariyya Al-Anshori”)

Jika anda berminat mendownnload kitab ini silahkan ikuti tautan dibawah ini.







Judul Kitab : Minhajut Thullab
Penulis : Zakariyya al Anshori
Penerbit : 'Ulum an Nasb
Jumlah File : 1
Bentuk File : pdf.
Download : Klik Disini




Catatan : * jika file terdiri dari beberapa jilid maka kami menyimpannya dalam bentuk ZIP/RAR.



Judul: Minhajut Thullab; Ditulis oleh pokkrembung; Rating Blog: 5 dari 5
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

-------Berbagi Itu Indah------


No comments:

Post a Comment